Nextcloud

 Nextcloud

Hallo semuanya saya afatyo. Dikesempatan kali ini saya ingin sharing sharing materi yang saya pelajari yaitu adalah Nextcloud. Nah sebelum kita masuk lebih jauh kedalam tentang materi nya kalian harus tahu dulu nih apa sih itu cloud storage.

Apa itu cloud storage

Cloud storage adalah media penyimpanan file berbasis online atau digital yang mengandalkan koneksi internet untuk akses data. Cloud storage adalah terobosan baru dalam dunia storage atau penyimpanan data yang menonjolkan banyak kelebihan jika dibandingkan dengan media simpan offline seperti hardisk dan flashdisk. Jadi, data yang disimpan ke dalam cloud storage akan disimpan di sejumlah server yang dikelola oleh pihak penyedia layanan atau yang biasa disebut hosting.

Menyimpan file menggunakan cloud storage kini lebih diminati karena berbagai alasan. Anda tidak perlu khawatir dengan serangan virus atau ada kerusakan seperti yang bisa terjadi saat Anda menyimpan file melalui hardisk atau flashdisk. Selain itu, karena seluruh data disimpan ke dalam server, keamanannya pun lebih terjamin dan tidak mungkin hilang. Data yang Anda simpan juga dapat diakses sewaktu-waktu. Ditambah lagi data juga dapat Anda akses melalui perangkat gadget apa saja asalkan terkoneksi dengan internet.

Layanan penyimpanan data menggunakan cloud storage bisa Anda dapatkan secara gratis dengan kapasitas yang sudah ditentukan. Apabila menginginkan ruang penyimpanan yang lebih besar, Anda bisa menggunakan layanan cloud storage berbayar sesuai dengan kebutuhan. Perkembangan cloud storage pun saat ini bekembang sangat pesat. Beberapa contoh media cloud storage yang sangat populer saat ini adalah Google Drive, iCloud, OneDrive dan Dropbox. 

Nah jika kalian sudah tahu nih tentang apa itu cloud storage kita langsung saja masuk ke pengenalan tentang Nextcloud. Yang pertama apa itu Nextcloud?.

Apa itu Nexcloud?

NextCloud adalah software open-source yang memungkinkan kamu untuk mencadangkan atau menyimpan data di cloud. Dengan NextCloud kamu akan memiliki kendali penuh atas  dimana dan bagaimana file tersebut disimpan.

Pertama kali dikembangkan pada tahun 2016, NextCloud merupakan layanan penyimpanan cloud pribadi. Secara praktis, NextCloud Ini memiliki fitur yang mirip dengan layanan lain seperti Dropbox ataupun Google Drive.

Software ini dapat diinstal secara gratis di Linux sebagai server dari cloud storage, sedangkan untuk client yang ingin mengakses storage, software-nya mendukung beberapa sistem operasi seperti Windows, OS X, Linux, IOS hingga Android. Selain itu NextCloud juga bisa diakses menggunakan browser. Jadi nantinya media yang disimpan bisa diakses di berbagai perangkat dan sistem operasi.

Nextcloud sendiri merupakan fork dari proyek OwnCloud dan dikembangkan oleh orang-orang dari OwnCloud. Kedua platform ini memiliki banyak kesamaan, perbedaannya hanya di sisi antarmuka dan dalam perjanjian lisensi.

Saat ini NextCloud bukan hanya menjadi platform cloud storage yang hanya berfungsi untuk berbagi file, namun juga menjadi platform kolaborasi dimana kamu bisa mengatur kalender, melihat event yang terjadi, melakukan panggilan ke user lain, melihat email, dan mendapatkan notifikasi dari sosial media yang terhubung seperti Twitter dan Reddit, maupun developer tools seperti GitHub dan Zammad.
 
Nah jika kalian sudah tahu nih tentang Nextcloud kalian harus tahu juga tentang cara kerja Nextcloud itu sendiri.  

Cara Kerja Nextcloud

Ketika anda mengupload data melalui server Nextcloud, maka data tersebut akan dapat diakses oleh semua device yang terkoneksi pada internet. Meskipun demikian, file yang tersimpan tersebut terproteksi dengan adanya paassword yang diberikan. Dengan demikian, hal tersebut memungkinkan anda untuk memanajemen file atau informasi tertentu melalui web browser.

Kalian sudah tahu nih bagaimana tentang cara kerja Nextcloud. Kita lanjut ke fitur fitur dari Nextcloud.

Fitur - Fitur Nextcloud

Software yang satu ini banyak dibilang sebagai saingan dari Google Drive. Karena keunggulannya yang open-source yang kompatibel dengan berbagai sistem operasi seperti Windows, MacOS, dan berbagai distribusi Linux. Sebagai perangkat lunak modular, Nextcloud dapat disesuaikan dengan plugin yang menyediakan fitur dan fungsionalitas tambahan. Berikut adalah fitur yang ada di aplikasi Nextcloud ini:

  1. Nextcloud Files.
    Melalui Nexcloud files memungkinkan anda untuk melakukan sinkronisasi files, mengakses dan membagikan files, dan berkolaborasi dengan tim terhadap file tertentu. Lebih lanjut software ini juga membantu anda untuk menemukan file dengan pencarian yang kuat, membuat komentar, dan mengunci files hingga selesai.
  2. Nextcloud Talk.
    Layanan Nextcloud Talk memungkinkan anda menghadirkan obrolan teks dan konferensi audio dan video dengan berbagai fitur seperti share-screen, meeting online, dan sebagainya. Pada Nexcloud Talk juga memungkinkan anda melakukan chat texting secara private pada colom conversation.
  3. Nextcloud Groupware.
    Layanan ini akan mengintegrasikan kalender, web main, kontak, dan sebagainya dalam upaya membantu pekerjaan suatu tugas lebih cepat, mudah digunakan, dan sesuai dengan persyaratan. Adapun layanan ini juga terintegrasi dengan Nextcloud Files.
  4. Nextcloud Industry Solution
    Layanan ini memberikan solusi produktivitas mandiri atau self-hosted terhadap berbagai sektor layaknya pemerintahan, pendidikan, keuangan, dan sebagainya.
  5. Nexcloud Enterprise.
    Memberikan optimasi perangkat lunak untuk organisasi profesional. Lebih lanjut, Nextcloud Enterprise telah dikonfigurasikan sebelumnya, dioptimalkan, dan diperkuat untuk kebutuhan khusus penerapan perusahaan skala besar yang penting untuk produksi.
Nah jadi ada lima nih fitur fitur yang ada di Nextcloud. Sehabis itu kalian harus tahu juga nih apa sih perbedaan antar Nexcloud dengan cloud storage yang lainnya. Kita ambil contoh dari Google Drive.
 

Nextcloud VS Google Drive 

Kompetibel VS Terbatas

Pertama yang bisa dibandingkan antara Nextcloud dengan Google Drive adalah dari segi kompatibel diantara keduanya. Meski Google Drive dapat diunduh oleh berbagai jenis device seperti iphone hingga android. Namun Nextcloud lebih mudah untuk mendukung semua device dan sistem operasi mulai dari Windows, MacOS serta Linux.

Terintegrasi Sistem keamanan VS Kemanan Manual

Jika melihat dari privasi keamana data pengguna, Seperti yang kita ketahui Google Drive menjamin privasi data pengguna yang langsung tersimpan dalam cloud storage. Sehingga pengguna harus memberikan proteksi keamanan secara manual untuk menjamin data benar benar aman. Sementara untuk Nextcloud sudah terintegrasi dengan proteksi login berbasis Machine Learning. 2 factor authentication, proteksi dari serangan brute force, verifikasi video, serta end to end encryption pada file. Jadi pengguna tidak perlu menambahkan proteksi keamana secara manual.

Ketergantungan Server VS Ketergantungan Jaringan Internet

Terakhir yang membedaan keduanya adalah Nextcloud sangat ketergantungan pada server. Sehingga apabila sebuah server tersebut mengalami masalah, maka layanan ini juga ikut mengalami masalah yang sama. Berbeda, jika Google Drive sangat ketergantungan pada jaringan internet, pengguna hanya dapat mengoperasikannya apabila terhubung dengan jaringan internet yang lancar. 

Nah jadi itu teman teman perbedaan antara Nextcloud dengan cloud storage yang lain yaitu Google Drive. Nah selanjutnya kita lanjut ke bagian keunggulan dari Nextcloud.

Keunggulan Nextcloud

Nextcloud memilikit keunggulan dalam membantu penggunanya. Dengan demikian, sebagai user maka sangat perlu untuk mengetahui keunggulan yang diberikan sehingga bisa memaksimalkan setiap layana yang diberika. Keunggulan dari Nextcloud ini adalah:

  1. Kemanan Data
    Nextcloud ini telah menerapkan proteksi login berbasis machine learning 2 factor authentication, protesi dari serangan brute force, verifikasi vifeo, serta end to end encryption pada file yang akan anda unggah ke server.
  2. Mudah di gunakan
    Aplikasi ini memang memiliki fitur yang powerfull dengan interface yang user friendly. Dengan demikian, hal tersebut akan membuat proses adaptasi penggunaan software akan lebih cepat dan produktivitas akan tetap terjaga.
  3. Ekosistem yang besar
    Media penyimpanan cloud yang satu ini menawarkan integrasi add on dengan lebih dari 200 aplikasi keamanan, beragam fitur produktivitas untuk tim dan integrasi infrastruktur lainnya.
  4. Beragam OS support.
    Mendukung Berbagai sistem operasi seperti Windows, MacOS, Linux. Selain itu, Nextcloud juga sudah bisa di gunakan pada obile dengan OS android dan iOS.
  5. Open source
    Ya keunggulan dari Nextcloud adalah dapat digunakan secara gratis di server Kalian semua. 

Kesimpulan

Nextcloud adalah layanan penyimpanan cloud yang dapat membantu anda untuk melakukan berbagai aktivitas anda seperti manajemen files, konferensi video dan audio serta berbagai manfaat lainnya.  

Jadi itu teman teman dari penjelasan Nextcloud ini. Di blog selanjutnya kita akan membahas tentang bagaimana cara menginstall Nextcloud ini. Semoga bermanfaat sampai jumpa diblog selanjutnya bye bye.👋👋

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.